BUKU PANDUAN PRAKTIS PARIPURNA MEMBACA ALKITAB DALAM 312 HARI

Cover PMA1Sederhana, Praktis dan Berguna

 

Tahun kedua perwujudan Arah Dasar di periode pertama ini sungguh menantang. Kita ingin mewujudkan cita-cita atau harapan bahwa 80 persen umat katolik di Keuskupan Banjarmasin ini membaca Kitab Suci atau Alkitab secara paripurna. Pengertian paripurna adalah menyelesaikan pembacaan Alkitab dari kitab Kejadian 1:1 sampai kitab Wahyu 22:21 sampai selesai, tidak ada bab atau ayat yang tersisa. Semua sudah atau bisa terbaca. Ini adalah cita-cita yang mulia dan sekaligus sangat menantang kita semua untuk berjuang dan berusaha.

Guna mendukung niat mulia itu. Keuskupan Banjarmasin melalui Delegatus Kitab Sucinya telah menerbitkan buku Paripurna Membaca Alkitab dalam 312 Hari. Buku ini memberikan suatu cara atau metode agar seseorang bisa bertekun dalam membaca Kitab Suci hingga selesai terbaca semuanya. Metode yang diberikan sangat sederhana dan didasari oleh suatu penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan.

Buku ini hanya memberikan pembagian perikop-perikop mana yang harus dibaca untuk satu hari tertentu. Orang yang bisa membaca dan mengerti bahasa Indonesia dengan baik akan mengerti dengan mudah bagaimana cara pemakaian buku ini. Buku ini akan menemani orang yang ingin membaca Kitab Suci secara paripurna. Selain diberitahu bagian-bagian mana yang seharusnya dibaca dalam satu hari, pengguna buku ini juga dibantu untuk mengingat mana saja bagian-bagian dari Alkitab yang sudah dibaca. Metode ini memungkinkan orang untuk membaca Alkitab secar berurutan. Pembacaan Alkitab secara urut ini tentunya juga sangat berguna untuk membantu pembaca Alkitab melihat karya Allah secara penuh dan urut.

Buku ini bisa digunakan oleh siapa saja. Bagi para guru agama Katolik dan pembina para calon penerima Sakramen-sakramen, buku ini bisa menjadi bahan pelajaran dan buku pendampingan yang berkualitas. Bagi orangtua, buku ini bisa menjadi bantuan untuk membangun kebersamaan dan kebiasaan membaca Kitab Suci dalam keluarga. Bagi pribadi-pribadi, buku ini sungguh bisa menjadi teman sekaligus kenangan yang manis bahwa kita sedang menapaki peziarahan membaca Alkitab sampai paripurna. Bagi para imam dan para biarawan-biarawati yang mendampingi umat dan sering mengunjungi umat, buku ini bisa menjadi bahan berbicara dengan umat dan mengajar umat untuk membaca Kitab Suci setiap hari.

Kelebihan dari Buku Panduan Praktis ini adalah:

  1. Memungkinkan pembaca untuk membaca Alkitab secara urut dan bertahap. Sebenarnya membaca Alkitab bukanlah hal yang asing bagi umat Katolik. Kita sudah sering membaca Alkitab berdasarkan bacaan-bacaan liturgis dalam misa harian maupun mingguan. Kita juga sering membaca Alkitab berdasarkan tema-tema tertentu. Di Tahun Kitab Suci ini, kita justru diajak untuk membaca Alkitab secara paripurna. Metode ini disiapkan untuk membantu kita sekalian membaca secara urut dan bertahap. Metode ini meyakinkan kita bahwa kita bisa membaca Alkitab sampai selesai dalam jangka waktu tertentu.
  2. Pembaca tidak akan kehilangan alur cerita dan kesatuan pesan Sabda Allah meskipun Alkitab dibaca secara bertahap dan terpenggal-penggal. Kebanyakan dari kita adalah orang-orang yang masih aktif bekerja atau belajar. Kebanyakan dari kita adalah orang-orang yang memiliki kesibukan dan jarang punya waktu banyak. Membaca kitab suci sampai tuntas bisa jadi hanya merupakan impian belaka. Buku ini menyakinkan kita bahwa kita bisa membaca Alkitab sampai tuntas meski kita tidak punya banyak waktu. Buku ini menunjukkan kepada kita bagian mana yang harus kita baca; di mana kita bisa memulai dan di mana kita harus berhenti. Cara ini membantu kita untuk bisa menangkap pesan dari bacaan yang kita baca dan sekaligus tidak perlu takut kehilangan alur ceritanya.
  3. Pembaca diberi suatu panduan yang jelas dan terprogram bagaimana strateginya membaca Kitab Suci sampai selesai. Banyak dari kita mempunyai pertanyaan dari mana kita harus mulai membaca Kitab Suci dan kapan kita bisa menyelesaikan pembacaan Alkitab secara paripurna. Buku Panduan Praktis ini memberikan program yang jelas dan rinci bagaimana kita bisa membaca sampai tuntas atau selesai Alkitab yang tebal ini.
  4. Buku Panduan Praktis ini juga memberikan pengetahuan seputar Kitab Suci. Ketika kita membaca Kitab Suci, kita akan menemukan banyak pertanyaan. Buku Panduan Praktis ini, selain memberikan cara yang jelas bagaimana kita bisa membaca Kitab Suci sampai tuntas, juga memberikan beberapa pengetahuan yang membekali kita dalam membaca Kitab Suci. Pengetahuan seputar Kitab Suci ini akan membantu kita dalam memahami isi Kitab Suci.

Semua kelebihan itu akan sangat membantu kita dalam perjuangan untuk bisa membaca Kitab Suci secara paripurna. Apa yang kita cita-citakan itu bukanlah sesuatu yang mustahil tetapi sesuatu yang bisa kita wujudkan. Semua kembali kepada kita sendiri. Kitab Suci sudah kita miliki, panduan praktis sudah disediakan. Sekarang tinggal kita mau membaca Alkitab atau tidak. Selamat mendekatkan diri dengan Sabda Tuhan dan menjadikan Sabda Tuhan bagian dari hidup kita.

You may also like...

2 Responses

  1. Nicolaus Faihu says:

    Di mana bisa membeli buku panduan ini.
    Salam dari makassar, Hp 08124182003

  2. administrator says:

    Untuk mendapatkan buku Paripurna Membaca Kitab Suci dalam 312 Hari tersebut, silakan menghubungi Pusat Pastoral Keuskupan Banjarmasin, No. telp. 0511-3305733 pada jam dan hari kerja (Senin-Sabtu, pk. 08.00 – 15.00) atau email: sekretariatdkpbjm.gmail.com. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *