Supervisi 2018 – Pendampingan Pelaksanaan Ardas di Paroki

Visitasi atau kunjungan kanonik Uskup ke paroki-paroki merupakan amanat dari Hukum Gereja. Kitab Hukum Kanonik (KHK) Kan 396 §1 menyebutkan bahwa paling kurang sekali setahun Uskup mengunjungi paroki. Sebagai Gembala, Uskup berkewajiban untuk:

  1. Menunjukkan perhatian Uskup pada para pastor, umat dan jalannya paroki.
  2. Melihat apakah kebijakan keuskupan sudah dijalankan dengan benar dan tepat di paroki tersebut.
  3. Memberikan apresiasi pada umat, DPP dan pastornya mengenai semua yang telah terjadi.

Untuk melihat sejauh mana kebijakan keuskupan dan Arah Dasar (Ardas) Keuskupan Banjarmasin dijalankan di masing-masing paroki, maka Uskup Keuskupan Banjarmasin telah membentuk Tim Supervisi.  Dengan demikian, untuk melihat dinamika Ardas di paroki, sebagian besar sudah dilaksanakan oleh Tim Supervisi sehingga saat Visitasi atau kunjungan kanonik, Uskup datang untuk memberikan perhatian pada para pastor dan umat serta membesarkan hati umat, pastor dan DPP, ketua wilayah dan ketua komunitas.

Supervisi di Keuskupan Banjarmasin telah dimulai sejak tahun 2017. Pada tahun 2018 ini, Tim Supervisi bertindak untuk mendampingi dan melihat sejauh mana tindak lanjut Rekomendasi Supervisi 2017 telah dijalankan. Jika ada yang belum dijalankan, maka Tim Supervisi bersama Pastor, DPP serta petugas yang terkait bersama-sama belajar, berdiskusi dan mencari jalan keluar agar Rekomendasi Supervisi 2017 dapat dijalankan di paroki.

Pendampingan tindak lanjut Rekomendasi Supervisi 2017 oleh Tim Supervisi telah dilakukan ke paroki-paroki sebagai berikut:

  • Paroki Santa Theresia Pelaihari, dilaksanakan pada Minggu 13 Mei 2018
  • Paroki Stella Maris, Sungai Danau, dilaksanakan pada Minggu, 24 Juni 2018
  • Paroki Keluarga Kudus, Katedral, Banjarmasin, dilaksanakan pada Senin, 25 Juni 2018.

Pendalaman pada Tata kelola Penggembalaan di Paroki Pelaihari

Tim Supervisi, Pastor dan DPP Paroki Stella Maris, Sungai Danau

Tim Supervisi, Pastor dan DPP Paroki Katedral

Direncakan hingga September 2018, pendampingan tindak lanjut Rekomendasi Supervisi 2017 telah diselesaikan ke seluruh paroki yang ada di Keuskupan Banjarmasin. (smr)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *