PERAYAAN PELINDUNG WILAYAH ST. PETRUS GEREJA KATEDRAL KELUARGA KUDUS BANJARMASIN

“…Engkaulah Petrus, dan di atas wadas ini akan Kudirikan Gereja-Ku…”

Umat wilayah St Petrus Paroki Keluarga Kudus Katedral bersama RP. Cosmas MSF dan RD Andreas

Pada 29 Juni 2018, Wilayah Santo Petrus Gereja Katedral Keluarga Kudus Banjarmasin merayakan pesta Santo pelindung dalam sebuah Perayaan Ekaristi.  Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Paroki Keluarga Kudus Katedral, RP. Krispinus Cosmas Boli Tukan, MSF didampingi RD. Andreas Setyo Indroprojo serta Diakon Tarsy Asmat MSF tersebut dihadiri oleh umat wilayah Santo Petrus,  frater dan suster – suster SPC serta pengurus DPP Gereja Katedral.

Dalam kotbahnya Pastor Cosmas berpesan, “jadikan santo pelindung sebagai figur dalam menata iman supaya lebih kuat, seperti dalam bacaan Injil yaitu “…Engkaulah Petrus, dan di atas wadas ini akan Kudirikan Gereja-Ku…”(Mat 16:18).

Walau hujan turun sejak siang hari, namun hampir 90% umat wilayah St. Petrus mengikuti Perayaan Ekaristi dengan penuh khidmat. Setelah misa, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan agape (santap bersama-red) yang disiapkan oleh umat wilayah dengan berbagai menu sehat. Dalam acara tersebut, juga diadakan pemotongan kue ulang tahun imamat Pastor Cosmas sebagai ujud syukur umat atas 13 tahun perjalanan imamat Vikjen Keuskupan Banjarmasin tersebut.

Tiup lilin ulang tahun Imamat RP. Cosmas MSF

 

Selayang Pandang Wilayah Santo Petrus

Wilayah Santo Petrus merupakan pemekaran dari wilayah Santo Paulus pada tahun 2000, yang mempunyai batas wilayah dari Jl. Kini Balu, Jl. Pembangunan I dan Rawasari Raya hingga simpang Jagung. Jumlah jiwa sebanyak 150 dari 45 KK dan terbagi dalam dua komunitas. Umat Wilayah St. Petrus terdiri dari suku Jawa, Batak, Flores, Dayak, Cina, Timor dengan berbagai latar belakang pekerjaan; ada dosen, wiraswasta dan karyawan. Keanekaragaman suku, pekerjaan, usia, dan lain-lain merupakan kekayaan yang tak ternilai di Wilayah St. Petrus.

Sejak wilayah St. Petrus terbentuk 18 tahun yang lalu, ada satu warganya yang ditahbiskan menjadi imam diosesan Banjarmasin, yaitu RD. Andreas Setyo Indroprojo. Umat wilayah St. Petrus juga selalu aktif dan mau terlibat dalam semua kegiatan wilayah maupun gereja. Ini terbukti wilayah ini tidak pernah absen dalam kegiatan maupun lomba–lomba di tingkat wilayah maupun paroki. (Warjiman)

You may also like...

2 Responses

  1. Warjiman says:

    Pengenalan terhadap Ssanto pelindung ternyata akan memperkuat karakter umat yang dilindungi…tak kenal maka tak sayang….terimakasih Pastor Cosmas telah menyediakan tuk misa perayaan santo pelindung

    • administrator administrator says:

      Terima kasih pak, untuk kiriman beritanya. Kami tunggu berita-berita selanjutnya dari komunitas, wilayah dan paroki Bapak. Ini akan menjadi suatu jejak dan rangkaian perjalanan iman Gereja Keuskupan Banjarmasin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *