Telah Hadir !!! Majalah Ventimiglia Keuskupan Banjarmasin Edisi 46/2018

 

Majalah Ventimiglia 46

 

Bad News is Good News?

Bad news is good news. Ungkapan aneh ini seringkali tanpa kita sadari telah menjadi bagian dalam keseharian kita. Hampir setiap hari, pemberitaan yang memanipulasi emosi, seperti kecemasan, penghinaan, kemarahan dan rasa putus asa dengan yang disamarkan dengan logika dan data yang diputarbalikkan mampir ke dalam akun media sosial kita kita. Di dalam media sosial, masyarakat seakan-akan  berlomba menjadi yang tercepat dalam membagi informasi. Terkadang tanpa cek dan ricek. Yang viral dianggap sebagai sebuah kebenaran.

Di tengah hiruk pikuk komunikasi semacam ini, Paus Fransiskus dalam pesan untuk Hari Komunikasi Sosial Sedunia mengajak setiap orang untuk membuka kedok dan menyingkirkan berita palsu dengan menggunakan kemampuan yang dianugerahkan Allah kepada manusia, yaitu kemampuan untuk berbagi hal yang baik, yang benar dan yang indah.

Untuk menggali kemampuan mulia yang diberikan Allah kepada manusia itu, maka Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Nasional KWI menggelar Pekan Komunikasi Sosial 2018 di Palangkaraya. Di lingkup Keuskupan, Komisi Komsos Keuskupan Banjarmasin juga menyelenggarakan Workshop Literasi Media dan Video Pendek bagi penggiat Komsos di paroki-paroki, utusan kaum muda dan beberapa ormas. Tujuannya tak lain adalah umat tidak menjadi agen penyebar berita palsu dan menangkis berita-berita palsu, hoax dan ujaran kebencian dengan konten-konten baik dan benar yang diolah secara menarik dan kreatif.

Banyak kebaikan yang harus diwartakan untuk membangun persekutuan umat beriman kristiani dan memperkokoh iman umat di Keuskupan Banjarmasin. Anak-anak diarahkan untuk menghadirkan Kristus dalam hidupnya melalui penerimaan komuni pertama dan perayaan Hari Minggu Panggilan. Ungkapan iman melalui nyanyian pun perlu dirayakan melalui Pesparani dan direfleksikan dalam Seminar agar kehidupan umat mengarah pada Kristus. Sapaan bagi saudara-saudara kita daerah Pegunungan Meratus oleh Tim Pemberdayaan Meratus dan Tim Delegatus Kesehatan juga merupakan sebuah kabar baik yang perlu diwartakan untuk mewujudkan cita-cita Arah Dasar Keuskupan, yaitu memancarkan Kasih Kristus di Kalimantan Selatan.

Jangan lewatkan beritanya. Dapatkan segera Majalah Keuskupan Banjarmasin edisi 46/2018 di paroki-paroki di Keuskupan Banjarmasin. (smr)

You may also like...

2 Responses

  1. Warjiman says:

    Berita majalahnya OK bangeet….minat baca umat rendah…ayo para koordinator komunitas dan pendidik memeotivasi umat dengan gemar membaca..

    • administrator administrator says:

      Terima kasih sudah menjadi pembaca majalah keuskupan. Semoga majalah tersebut bisa semakin menjadi sarana komunikasi dan informasi bagi umat di Keuskupan Banjarmasin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *