RAPAT PLENO KOMISI KOMSOS SE-INDONESIA – SORONG (1)

PEMBUKAAN RAPAT PLENO KOMISI KOMSOS KEUSKUPAN SE-INDONESIA
SORONG, SENIN 13 AGUSTUS 2018

Gereja Katedral Kristus Raja – Sorong Papua Barat menjadi tempat dimulainya pertemuan para wakil Komisi Komsos dari 37 keuskupan di Indonesia. Pertemuan tersebut di awali dengan perayaan ekaristi pada sore hari dengan selebran utama uskup Manokwari-Sorong, Mgr.Hilarion Datus Lega. Selaku ketua Komisi Komsos KWI, beliau mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran para delegasi sekaligus mempromosikan keindahan tanah Papua. Tema yang diusung pada pertemuan kali ini adalah “Transformasi Komunikasi Sosial di Era Digital.”

Dalam homilinya, Mgr. Datus Lega mengingatkan bahwa para Bapa Konsili Vatikan II pada tahun 1963 sudah mencermati adanya hal-hal yang mengagumkan, Gereja membuka ruang bagi publik untuk upaya-upaya komunikasi sosial melalui Dekrit Inter Mirifica. Kekaguman komunikasi di era digital harus ditandai dengan menempatkan manusia pada tempat pertama dan utama untuk bertanggung jawab sebagai pengguna media komunikasi. Tak kalah pentingnya manusia dipanggil untuk berjejaring, sebagai sarana mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang baik, di kalangan internal gereja Katolik dan bersama orang-orang di luar lungkungan Katolik sebagai sarana pencerdasan. Menarik sekali bahwa kata digital berasal dari akar kata digitum, yang berarti jari-jari. Komunikasi kita sekarang dijalankan dengan menggerakkan jari-jari di atas gawai (gadget) dan memiliki kecepatan yang dahsyat melampaui batas.

Mgr. Hilarion Datus Lega memimpin Perayaan Ekaristi Pembukaan rapat Pleno Komisi Komsos se-Indonesia Tahun 2018

Anak-anak Papua berpakaian tradisional mengantar Persembahan.

Misa pembukaan ini dipersiapkan dengan indah melalui tarian perarakan inkulturasi dan paduan suara yang meriah.
Rapat Pleno tiga tahunan Komisi Komsos berlangsung tanggal 13-19 Agustus 2018, dibarengi juga dengan berbagai kegiatan workshop literasi media, seminar yang melibatkan WKRI, pelajar serta mahasiswa dan ditutup kunjungan ke daerah wisata setempat. Konperensi Wali Gereja Indonesia (KWI) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan panitia lokal Keuskupan Manokwari-Sorong. (oZo)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *