Animator-animatris Anti MUNTABER

Karya Kepausan Indonesia (KKI) Keuskupan Banjarmasin bekerja sama dengan Bimas Katolik Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan pelatihan School of Missionary Animators (SOMA) Dasar bagi para pendamping SEKAMI se-Keuskupan Banjarmasin. SOMA ini dilaksanakan pada tanggal 11-13 Mei 2018 di rumah retret Wisma Sikhar, Banjarbaru – Kalimantan Selatan. Ada sekitar 40 orang peserta yang hadir dari 9 paroki di Keuskupan Banjarmasin.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menjaring para animator-animatris muda di Keuskupan Banjarmasin, mengetahui visi dan misi Karya Kepausan Indonesia dan Arah Dasar Keuskupan Banjarmasin, memahami spiritualitas pendamping misioner yang berpusat pada Kristus, dan belajar dari pengalaman tentang kreativitas bina iman anak dan remaja dalam penggunaan alat peraga yang tepat guna dan tepat sasaran.

SOMA kali ini didampingi oleh Dewan Karya Pastoral (DKP) Keuskupan Banjarmasin dan Tim KKI Keuskupan Banjarmasin. Materi yang diberikan dalam kegiatan ini antara lain Arah Dasar Keuskupan Banjarmasin, urgensi pastoral anak, pastoral Kitab Suci anak dan remaja, perkembangan anak, kreativitas bina iman anak dan remaja, kreativitas alat peraga, praktek pembuatan modul pendampingan bina iman anak dan remaja, dan praktek pendampingan SEKAMI. Harapannya melalui materi-materi dan praktek yang didapatkan dari kegiatan SOMA dapat dikembangkan di setiap paroki sesuai dengan konteks dan kebutuhan yang ada di paroki masing-masing.

Kegiatan SOMA ditutup dengan misa perutusan misioner yang dipimpin oleh Direktur Diosesan KKI Keuskupan Banjarmasin, RD. Andreas Setyo Indroprojo. Dalam homilinya, Rm. Andre berpesan kepada animator-animatris supaya selalu mengobarkan semangat misioner serta menjadi agen anti MUNTABER (mundur tanpa berita) dalam tugas pewartaan kepada anak-anak dan remaja khususnya di Keuskupan Banjarmasin. Semoga apa yang telah diberikan sungguh memberi inspirasi bagi animator-animatris dalam melanjutkan karya pendampingan anak-anak dan remaja di Keuskupan Banjarmasin. (Richardo)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *