Mendengarkan, Menegaskan, Menghidupkan Panggilan

Sejak tahun 1963, Gereja merayakan Hari Minggu Panggilan Sedunia yang tiap tahunnya jatuh pada Hari Minggu Paskah IV (Hari Minggu Gembala Yang Baik). Hari Minggu Panggilan merupakan hari doa untuk memohon pertumbuhan panggilan khusus untuk menjadi imam, bruder, frater, dan suster. Pada perayaan ini juga, Gereja mengajak umat Katolik seluruh dunia untuk memberikan derma bagi pendidikan para calon imam diosesan dan juga untuk pembinaan novisiat kanonik para calon religius.

Bertepatan dengan hari peringatan misioner ini, Komisi Seminari dan Tim Panggilan, KKI Keuskupan Banjarmasin, dan IBBSIN yang tergabung dalam Tim Hari Minggu Panggilan (HMP) Keuskupan Banjarmasin mengadakan kegiatan rekoleksi panggilan bagi orang tua, OMK, dan SEKAMI di seluruh paroki se-Keuskupan Banjarmasin. Kegiatan rekoleksi sendiri dibawakan oleh para biarawan-biarawati dan animator-animatris yang berkarya di Keuskupan Banjarmasin.

Paus Fransiskus, melalui pesannya, mengatakan bahwa Hari Doa Panggilan Sedunia ke-55 kembali memaklumkan kabar baik ini kepada kita. Dalam keragaman dan keunikan setiap panggilan, baik yang personal maupun eklesial, ada kebutuhan untuk mendengarkan, menegaskan dan menghidupi Sabda yang memanggil kita, yang memampukan kita untuk mengembangkan bakat-bakat, dan menjadikan kita sarana-sarana keselamatan di dunia serta membimbing kita kepada kebahagiaan sejati.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, tumbuh rasa keprihatin dan kepedulian terhadap pertumbuhan panggilan khusus untuk menjadi imam, bruder, frater, dan suster, terlebih di Keuskupan Banjarmasin. Semoga melalui kegiatan ini pula, semakin banyak orang yang terpanggil untuk menanggapi panggilan khusus ini dan semoga umat beriman khususnya orang tua, tergugah hatinya untuk merelakan anak-anaknya untuk menjadi biarawan-biarawati. (IRd)

 

Paroki Keluarga Kudus, Katedral

Kegiatan HMP di Paroki Keluarga Kudus dibawakan oleh Sr. Rosalia, SFD; Sr. Yulianti, PI; Sr. Estrella, SCMM; dan Dedy Oktavianus Woge. Rekoleksi untuk orang tua dan OMK dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 April 2018 di Aula Sasana Sehati dan diikuti oleh 80 orang tua dan OMK. Sedangkan, rekoleksi untuk SEKAMI dilaksanakan pada hari Minggu, 22 April 2018 setelah misa pagi. Rekoleksi diikuti oleh 150 anak dan remaja SEKAMI.

 

Paroki Santa Perawan Maria Yang Terkandung Tanpa Noda, Kelayan

Rekoleksi untuk orang tua calon penerima komuni pertama, misdinar, dan SEKAMI di Paroki Santa Perawan Maria Yang Terkandung Tanpa Noda dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 April 2018 di Aula Syalom, dibawakan oleh RP. Albertus Jamlean, MSC; RD. Andreas Setyo Indroprojo; dan Fr. Yohanes Tjuandi, serta dihadiri oleh 120 orang tua. Sedangkan, rekoleksi untuk SEKAMI dan OMK dilaksanakan pada hari Minggu, 22 April 2018. Rekoleksi dihadiri oleh 70 anak dan remaja SEKAMI dan 40 OMK. Rekoleksi ini dibawakan oleh RD. Andreas Setyo Indroprojo; Sr. Stefani, SFD; Sr. Camilla, SFD; dan Elvina Launa.

 

Paroki Hati Yesus Yang Maha Kudus, Veteran

Kegiatan HMP di Paroki Hati Yesus Yang Maha Kudus dibawakan oleh Fr. Yohanes Tjuandi; Sr. Sensiana, SCMM; Sr. Esther, SCMM; dan Richardo Dika. Rekoleksi untuk orang tua diadakan seusai misa Sabtu sore di Aula Sasana Bhakti lt. 2 dan diikuti oleh sebanyak 30 orang tua. Sedangkan, rekoleksi untuk SEKAMI dilaksanakan setelah misa peringatan Hari Minggu Panggilan dan HUT Paroki Veteran, di Aula Sasana Bhakti lt. 2. Rekoleksi ini dihadiri oleh sebanyak 60 anak dan remaja SEKAMI.

 

Paroki Ave Maria, Tanjung

Di Paroki Ave Maria, rekoleksi bagi OMK dilaksanakan pada Sabtu malam bertempat di Stasi Santa Anna Warukin, dibawakan oleh Fr. Jackry Mariano Tamboto, MSC; Fr. Martin Waruwu, CMM; Sr. Desiderata, ALMA; dan para suster JMJ. Sedangkan, rekoleksi bagi SEKAMI dilaksanakan seusai misa Minggu pagi di stasi Suriyan, dibawakan oleh tim HMP dan para suster PRR, serta dihadiri sebanyak 60 anak dan remaja SEKAMI.

 

Paroki Bunda Maria, Banjarbaru

Rekoleksi panggilan di Stasi Santo Yohanes Pemandi Landasan Ulin dilaksanakan pada saat homili dalam misa Minggu pagi yang dibawakan oleh RD. Andreas Setyo Indroprojo. Seusai misa diadakan lomba fashion show anak-anak dengan kostum biarawan-biarawati.

 

 

Paroki Santa Theresia, Pelaihari

Rekoleksi bagi orang tua di Paroki Santa Theresia dilaksanakan sebelum misa Sabtu sore, dibawakan oleh Sr. Hubertine, SCMM, dan dihadiri sebanyak 27 orang tua. Sedangkan, rekoleksi panggilan bagi OMK dilaksanakan setelah misa Sabtu sore, dibawakan oleh Fr. Nicolaus Dalifati Mendröfa, CMM, dan dihadiri sebanyak 38 OMK. Rekoleksi bagi SEKAMI dilaksanakan seusai misa Minggu pagi, dibawakan oleh Maria Chatarina dibantu oleh tim pendamping SEKAMI Paroki Pelaihari dan para suster SPM. Rekoleksi ini dihadiri sebanyak 41 orang anak dan remaja SEKAMI.

 

Paroki Stella Maris, Sungai Danau

Kegiatan HMP di Paroki Stella Maris diawali dengan rekoleksi bagi OMK yang dilaksanakan sebelum misa Sabtu sore, dibawakan oleh Sr. Chalista, SPM dan Fr. Klemens Leaj, CMM, serta dihadiri sebanyak 23 OMK. Rekoleksi bagi SEKAMI dilaksanakan pada hari Minggu sebelum misa pagi di gedung gereja, dibawakan oleh Natalia Devina dan tim HMP, dan dihadiri sebanyak 80 anak dan remaja SEKAMI. Sedangkan, rekoleksi bagi orang tua dimulai seusai misa pagi, yang dibawakan oleh Fr. Klemens Leaj, CMM dan Sr. Chalista, SPM, serta dihadiri sebanyak 15 orang tua.

 

Paroki Santo Vinsensius a Paulo, Batulicin

Rekoleksi untuk orang tua dilaksanakan pada Sabtu sore dan dihadiri oleh orang tua anak-anak misdinar. Rekoleksi bagi OMK diadakan pada Sabtu malam, dibawakan oleh Sr. Agustina, SPM, dan dihadiri sebanyak 7 OMK. Sedangkan, rekoleksi bagi anak-anak dan remaja dilaksanakan pada hari Minggu, 22 April 2018. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 25 anak BIA dan 40 orang misdinar (remaja SEKAMI).

 

Paroki Santo Yusup, Kotabaru

Kegiatan HMP di Paroki Santo Yusup diawali dengan rekoleksi bagi orang tua yang dimulai setelah misa Sabtu sore dan dibawakan oleh Fr. Ivan Wijaya, MSC. Rekoleksi untuk OMK juga dibawakan oleh Fr. Ivan Wijaya, MSC dan dihadiri sebanyak 17 OMK. Sedangkan, rekoleksi bagi anak-anak dibawakan oleh Sr. Frederika, SPC dan Sr. Desiderata, ALMA setelah misa Minggu pagi, dan dihadiri sebanyak 30 anak dan remaja SEKAMI.

 

sumber pesan Paus : https://karyakepausanindonesia.wordpress.com/2017/12/03/pesan-bapa-suci-paus-fransiskus-untuk-hari-doa-panggilan-sedunia-2018/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *